press release

Sebuah layanan Portal pendukung pembelajaran untuk Sekolah Menengah di Indonesia yaitu ESFINDO (E-school for Indonesia) telah dibuka oleh Tim Peneliti dan Pengembang (Litbang) Esfindo Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia pada tanggal 19 April 2009. Portal ini diberi nama Esfindo versi 1.0 dan dapat digunakan gratis oleh para guru dan siswa sekolah menengah di Indonesia.

Esfindo menyediakan fitur-fitur utama untuk guru yaitu fitur login, merubah profile, melihat peserta/ siswa kelas, mengelola berkas atau file, membuat sesi atau slot pengajaran dengan mengaitkan file hasil upload atau tautan (link) ke website, membuat forum diskusi, memposting di news, memposting di forum, memantau aktivitas siswa, membuat tugas pekerjaan rumah, dan membuat tanggapan (feedback) terhadap kuis on line.

Esfindo tentunya mendukung pengembangan komunikasi dua arah, tidak hanya dari sisi pengajar (guru) tetapi juga dari siswa . Fitur untuk siswa antara lain fitur login, merubah profile, melihat peserta, membaca materi pelajaran, memposting/reply news, memposting/ reply forum, membaca dan mengupload pekerjaan rumah, melakukan chatting, mengikuti kuis online, melihat tanggapan kuis, dan melihat sumber pembelajaran lainnya.

Esfindo merupakan pengembangan dari SCELE (Student Centered E-Learning Environment, http://scele.cs.ui.ac.id), yang berbasis Moodle versi 1.9.3. Saat ini Esfindo terdiri dari satu server portal dan satu blog. Portal dapat diakses pada http://esfindo.cs.ui.ac.id, sedangkan blog dan informasi lebih lanjut tentang cara pemakaian tersedia di https://esfindo.wordpress.com/dokumentasi

Dalam penelitian tahap awal, Esfindo telah bekerjasama dengan 62 Guru dan 52 siswa dari 6 sekolah. Mereka telah dilatih dan melakukan ujicoba yang terdiri dari satu modul materi awal mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris kelas IX SMA. Hasil umum penelitian menunjukkan antara lain bahwa terjadi peningkatan nilai rata rata 20 pada kemampuan siswa dalam memahami suatu modul, seluruh guru dan siswa menyatakan bahwa system E-learning seperti Esfindo sangat bermanfaat untuk menunjang proses pembelajaran, 90% guru akan menerapkan E-learning dengan metoda blended (campuran), sedangkan sekitar 80% siswa menyatakan suka metoda campuran.

Tim LitBang Esfindo mengundang kerja sama dan dukungan semua pihak dalam pengembangan dan implementasi lebih lanjut. Saran maupun kritik untuk perbaikan sangat diharapkan.

Advertisements

4 Responses to press release

  1. behow says:

    Infokan juga Link ini pada kaum guru di kota Bangkalan, Buka menu Link, di tautan saya ini untuk kemudian membuka beberapa release school weblink di Kota kami

  2. Aulia says:

    para tenaga ajar disini guru2 diseluruh indonesia ya?

  3. Kepada pengelola e-learning atau E-school for Indonesia kami salah satu sekolah yang ada di Kota Tasikmalaya Jawa Barat … ingin bergabung, bagaimana tata cara yang harus kami tempuh …. dan ditujukan kepada siapa …. nanti propsal dikirim via pos.

    trims
    asep alamsyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: